DISDUKCAPIL KOTIM LAUNCHING IKD “IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL”

DISDUKCAPIL KOTIM LAUNCHING IKD “IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL”

Disdukcapil Kotim melaksanakan launching Identitas Kependudukan Digital,Senin, 20/03/2023 di Aquarius Boutique Hotel Sampit.Launching program tersebut langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Kotim Irawati didampingi Kepala Disdukcapil Kotim Agus Tripurna Tangkasiang,

Dalam sambutannya Bupati Kotim Halikinnor yang dibacakan oleh Wabup Kotim Irawati mengatakan, melalui kegiatan tersebut diminta seluruh masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan dan Dukcapil go digital mengakses IKD. Di mana IKD, menurutnya, tercantum dalam Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak dan blanko KTP , IKD adalah informasi elektronik yang digunakan untuk mempresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data probadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Kepala Disdukcapil Kotim Agus Tripurna Tangkasiang mengatakan, penduduk Kabupaten Kotim saat ini berjumlah 429.703 jiwa. Sementara jumlah penduduk yang telah melakukan perekaman berjumlah 300.110 jiwa atau 97,34 persen dari wajib KTP elektronik 308.309 jiwa dan yang belum melakukan perekaman berjumlah 8.199 jiwa atau 3,66 persen.Untuk identitas kependudukan digital yang sudah aktif baru sekitar 1.113 jiwa atau 0,3 persen dari wajib KTP 77 ribu data konsilidasi bersih semester II tahun 2022. Artinya ini merupakan kerja keras kita bersama untuk mencapai target IKD tersebut,” terangnya.Selain itu, dirinya juga mengimbau agar digitalisasi administrasi kependudukan untuk pelayanan publik dengan melaksanakan program percepatan aktivasi IKD, mengubah mindset seluruh aparatur Dukcapil dari pendekatan manual kependekatan digital. Kemudian melaksanakan optimalisasi Dukcapil go digital dalam konteks kelembagaan, pelayanan, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.