Jemput Bola pelayanan Adminduk Disdukcapil di Desa Cempaka Mulia Timur di Serbu Warga

Jemput Bola pelayanan Adminduk Disdukcapil di Desa Cempaka Mulia Timur di Serbu Warga

Sampit, di penghujung tahun 2022 disdukcapil kotim terus  memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kotawaringin timur dengan melakukan pelayanan jemput bola administrasi kependudukan kepada masyarakat desa Cempaka Mulia Timur, pelayanan adminduk yang diberikan meliputi penerbitan Kartu keluarga, perekaman ktp el,pencetakan ktp el dan pelayanan pembuatan akta akta pencatatan sipil diantaranya penerbitan akta kelahiran,akta kematian,akta perkawinan dan berbagai macam pelayanan lainnya sesuai dengan keperluan masyarakat desa itu sendiri.

Pelayanan jemput bola adminduk ke desa desa adalah merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah daerah kab.kotawaringin melalui disdukcapil sebagai instansi pelaksana dalam melayani masyarakatnya untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan.

pelayanan Dukcapil memang tidak termasuk dalam kategori pelayanan dasar seperti pelayanan sosial, pendidikan, dan kesehatan.

Meski demikian, pelayanan Dukcapil akan menjadi dasar bagi seluruh pelayanan publik, karena semua pelayanan publik membutuhkan identitas kependudukan yang akurat dan update.

Dukcapil bukan pelayanan dasar, tetapi menjadi dasar bagi semua pelayanan, karena setiap pelayanan harus didukung dengan data kependudukan yang akurat, update berbasis NIK,” hal ini disampaikan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab,Kotim Agus Tripurna Tangkasiang saat berbincang hangat dengan masyarakat dan perangkat desa cempaka Mulia Timur.

Kepada perangkat desa pak Agus beliau biasa disapa, juga berpesan agar bisa belajar tentang persyaratan dan tata cara pelayanan adminduk agar bisa memberikan edukasi kpd warganya supaya tidak bolak balik berurusan ke disdukcapil hanya karena ada berkas yang kurang.

Saat ini persyaratan sdh banyak yang dipangkas oleh dirjen dukcapil,yang tertuang dalam perpres 96 th 2018,permendagri 108 thn 2019,permendagri 109 th 2019 atau langsung datang ke kantor disdukcapil, kita terbuka untuk warga, perangkat desa yang ingin berkonsultasi ttg adminduk.

Beliau juga menghimbau kepada masyarakat, bagi yang berurusan kekantor disdukcapil untuk bisa mengurus sendiri dan tidak melalui calo. Pelayanan kita tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis ,.

Seluruh jajaran disdukcapil telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang membahagiakan masyarakat.disdukcapilkotim

Administrator Data Base Ahli Muda Kependudukan/yhf